Published On: Jum, Jan 19th, 2018

KP Nakula – 7002 Tangkap 2 Tongkang Bermuatan Sparepart Ilegal Dari China

Kalimantan Timur, Lentera Indonesia

Kapal Polisi (KP) Nakula – 7002 Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri berhasil menangkap 2 (dua) kapal tongkang yang membawa barang-barang/muatan sparepart yang diduga ilegal dari Shanghai (China).

KP Nakula – 7002 berhasil menangkap dua kapal tongkang bernama TB Sea Dolphin/BG Pike (GT 140) dan TB Alexander III (GT 47) saat melaksanakan patroli rutin di Perairan Kalimantan Timur (Kaltim), pada Sabtu (6/1/2018) dini hari.

Adapun KP Nakula – 7002 sedang melaksanakan patroli rutin di perairan Kaltim, berdasarkan Surat Perintah Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Nomor : Sprin/41/I/2017 Tanggal 01 Januari 2018.

Melihat kedua kapal, dengan menggunakan perahu karet KP Nakula – 7002, petugas pun menghampiri dan melakukan pemeriksaan terhadap kedua kapal.

Saat dilakukan pemeriksaan, ternyata kedua kapal tersebut tidak memiliki Clearance Port atau Surat Persetujuan Berlayar (SPB). Tidak hanya itu, kedua kapal juga mengangkut sparepart dari China tanpa dilengkapi dengan dokumen yang sah alias ilegal

“Kedua kapal berangkat dari Pulau Tiga menuju Seberuang, Kalimantan Barat,” ungkap Dirpolair Korpolairud Baharkam Polri Brigjen Pol Lotharia Latif kepada awak media, Kamis (18/1/2018) saat release di atas kapal tongkang bersama Danlantamal Tarakan dan Kakanwil Bea Cukai Kaltim.

Saat ini, lanjut Latif, kedua kapal beserta nakhoda yang juga menjadi tersangka, untuk penanganannya dilakukan oleh Ditpolair. Sementara untuk barang-barang ilegal diserahkan kepada Bea Cukai untuk ditindak lanjuti.

Para tersangka diduga melanggar Pasal 10a Jo pasal 7a ayat (1) ayat (2) UU RI No. 17 tahun 2006 Sub pasal 323 ayat (1) Jo pasal 219 ayat (1) dan atau pasal 302 ayat (1) Jo pasal 117 ayat (2) huruf C UU RI No. 17 tahun 2008 Tentang Pelayaran.

Latif juga menegaskan bahwa Ditpolair akan terus menindak tegas dan melaksanakan penegakan hukum di wilayah-wilayah perbatasan yang rawan penyelundupan dan illegal fishing. (Kalaus)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>