Published On: Jum, Jan 19th, 2018

4 Cara Terbaik Obati Sakit Punggung, Meditasi Salah Satunya

Lentera Indonesia – Sering mengangkat beban yang berat atau duduk dengan posisi yang sama terlalu lama bisa sebabkan Anda menderita sakit punggung. Rasa nyeri pada punggung timbul karena adanya masalah pada salah satu bagian tulang yang menyatu dengan otak, tendon, ligamen, saraf, dan juga cakram sebagai bantalan peredam benturan.

Menurut Aixa Goodrich DC, seorang Chiropractor di South Florida Chiropratic Assosiation, sebanyak 80% orang pernah mengalami sakit punggung. Goodrich mencatat bahwa sakit punggung adalah salah satu alasan paling umum untuk kehilangan pekerjaan di Amerika Serikat. Menurut American Chiropratic Association, sekitar 31 juta orang Amerika mengalami nyeri punggung pada waktu tertentu.

Para penderita bahkan bisa menghabiskan uang $50 miliar dalam setahun untuk mengobati nyeri punggung. Hal ini menjadi fakta baru bahwa lebih banyak dolar yang dihabiskan untuk mengobati sakit leher dan punggung dibanding penyakit medis lainnya.

“Untuk fokus pada kesehatan, Anda terbiasa membiarkannya sakit dulu. Sama seperti memakan makanan sehat jika kolesterol sudah tinggi. Namun, setelahnya Anda akan kembali pada kebiasaan lama sehingga penyakit mudah kambuh.” ujar Goodrich seperti dilansir Prevention.

Mengambil kesempatan untuk menjaga kesehatan dalam jangka panjang adalah keputusan yang baik. Untuk itu, Goodrich pun memberikan saran kesehatan untuk mengobati penyakit yaitu sebagai berikut.

1. Mengikuti Diet Anti-Inflamasi

Peradangan yang berlebihan bisa menyebabkan kelebihan tekanan dan rasa sakit pada sendi bagian belakang. Itulah sebabnya, memakan makanan anti-inflamasi, seperti kunyit, jahe, dan boswellia dapat membantu mengurangi rasa sakit. Karen Erickson DC dari Erickson Arts menyarankan untuk berfokus pada sayur, buah, dan lemak sehat untuk menjaga peradangan.

2. Tidak Merokok

Menghentikan kebiasaan merokok memang berat. Namun, orang yang merokok tiga kali lebih mungkin mengalami nyeri punggung kronis dari pada mereka yang tidak merokok. Salah satu studi yang diterbitkan oleh Human Brain Mapping menemukan bahwa merokok mengganggu jalur otak yang terkait dengan rasa sakit.

3. Berolahraga

Banyak masalah punggung yang dialami sebagian orang adalah karena jarang berolahraga. Tidak bergerak sebanyak yang seharusnya rentan membuat tubuh terkena cedera mekanis dan postural di leher dan punggung. “Saya merekomendasikan latihan untuk menghilangkan nyeri punggung dan leher. Jenis latihan yang menggunakan banyak sendi, seperti jongkok, deadlift, papan atau burpees adalah pilihan yang bagus untuk membantu dalam menjaga postur tubuh dan mendorong pola gerakan sendi yang sehat.” jelas Chiropractor Ciara Cappo dari Cappo Chiropratic & Sport Therapy.

4. Meditasi

Cara efektif untuk menghilangkan stres adalah dengan melakukan meditasi. Goodrich mengatakan bahwa latihan meditasi dapat menambah nutrisi dan merupakan rutinitas olahraga yang sehat. Meditasi bisa dilakukan setidaknya 15 menit per hari pada pagi hari. Manfaat yang bisa didapat dengan rajin bermeditasi antara lain menjaga kesehatan leher dan punggung. (Red)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>