Published On: Sen, Apr 9th, 2018

Cegah Asam Urat? Rutin Makan Kulit Melinjo Saja!

Lentera Indonesia- Melindo menjadi salah satu buah yang cukup mudah ditemukan di Indonesia. Selama ini banyak orang yang menggunakan melinjo sebagai tambahan dari isi sayur asam atau dijadikan keripik.

Namun, siapa duga ternyata melinjo pun bisa begitu bermanfaat bukan hanya dari isi buahnya saja, tapi juga kulit buahnya yang tipis. Merangkum dari berbagai sumber, berikut sederet manfaat kulit melinjo yang jarang orang ketahui.

1. Mencegah asam urat

Sebagian besar orang tahu buah melinjo bisa menyebabkan asam urat, namun sebaliknya pada kulit melinjo justru bisa menghambat enzim xantin oksidase yang bisa menyebabkan asam urat. Nah, dianjurkan untuk mengonsumsi kulit melinjo bila ingin mencegah asam urat kambuh kembali.

2. Melindungi kesehatan gigi dan tulang

Kulit melinjo merupakan salah satu makanan yang mengandung fosfor dan kalsium yang tinggi. Sehingga tidaklah heran jika kulit melinjo bisa membantu menjaga kesehatan gigi dan tulang manusia, terlebih jika sudah memasuki usia lanjut, kesehatan gigi dan tulang begitu penting.

3. Mengandung karbohidrat

Siapa kira kulit melinjo yang tipis mengandung karbohidrat? Ternyata meskipun tipis kandungan karbohidratnya cukup tinggi dan bisa menjadi sumber energi yang mengenyangkan, serta membuat rasa kenyang itu lebih lama.

4. Membentuk massa otot

Jarang yang mengetahui kulit melinjo ternyata memiliki manfaat begitu banyak bahkan hingga bisa dijadikan makanan yang bisa memperbaiki dan membentuk massa otot. Jika Anda konsumsi secara rutin dan dalam jangka waktu lama, kulit melinjo pun bisa mempengaruhi kekuatan tubuh dan otot, asalkan diimbangi pula dengan olahraga yang rutin.

5. Mengandung vitamin A tinggi

Tipisnya kulit melinjo nyatanya tidak setipis manfaatnya, sebab kulit melinjo pun memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, sehingga bermanfaat untuk mempertajam penglihatan mata. Selain itu, jika dikonsumsi oleh orang yang sudah paruh baya atau lanjut usia, juga bisa menggunakan kulit melinjo untuk menjaga kesehatan mata. (Red)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>