Published On: Kam, Sep 13th, 2018

Yuk, Cicipi Rawon Khas Jawa Timur!

Lentera Indonesia – Rawon merupakan kuliner khas Jawa Timur yang kelezatannya sudah diakui pecinta kuliner. Masakan ini terbuat dari daging dan si hitam keluak yang menjadi ciri khas rawon.

Rawon semakin terasa nikmat disantap bersama telur asin dan kecambah kedelai. Sensasi rasanya semakin menggoda dengan tambahan sambal. Tertarik menyantapnya menu yang satu ini? Berikut resep membuat rawon seperti dikutip Tastemade.

Bahan-bahan:
500 gr daging matang khas dalam
1 l air matang
3 lembar daun jeruk
1 lembar daun salam
1 batang lengkuas, 2 ruas jari
1 batang serai
2 buah cabai merah besar
1 batang daun bawang
Kol
Kecambah kedelai

Bumbu halus:
7 siung bawang merah
3 siung bawang putih
4 butir kemiri
3 buah kluwek
1 batang kunyit, 1 ruas jari
½ sdt jinten bubuk
1 sdt ketumbar bubuk

Cara membuat:

Haluskan semua bahan bumbu halus, sisihkan. Panaskan minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan tadi hingga mengeluarkan aroma. Tambahkan lengkuas, serai, daun salam, daun jeruk, cabai dan daging. Aduk rata dan masak hingga daging agak berubah warna. Tambahkan air lalu masak hingga daging hampir empuk.

Bumbui dengan lada, garam dan gula sesuai selera. Aduk rata. Tambahkan kol dan daun bawang, masak sebentar hingga kol agak layu. Sajikan rawon dengan kecambah kedelai dan telur asin. Rawon siap disajikan. (red)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>