Published On: Rab, Okt 31st, 2018

Keberhasilan Sekolah Terletak Dari Kepemimpinan Kepsek


Jakarta, lenteraindonesia.co.id

Sekolah merupakan organisasi jasa yang tujuannya adalah melahirkan generasi yang mandiri dan siap terjun ditengah-tengah lingkungan sosial masyarakat.
Keberhasilan kepala sekolah dalam memimpin di sekolah tersebut adalah mampu meningkatkan mutu pendidikan yang lebih baik.
Kehadiran pemimpin di sekolah tak ubahnya seperti nakhoda di sebuah kapal. Dia lah penentu dan pemandu kemana kapal akan dibawa.
Kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah adalah orang yang menentukan kemana sekolah akan dibawa, apakah kearah yang lebih maju atau sebaliknya.
Tugas kepala sekolah adalah tugas tambahan dimana tugas pokoknya adalah mengajar. Karena jika melihat tugas kepala sekolah itu merupakan tugas yang sangat berat.
Visi adalah kunci keberhasilan kepemimpinan Kepsek, dimana yang utama adalah dapat mengantarkan kesuksesan sekolah dalam membawa sekolah ke arah yang dicita-citakan.
Peranan Kepala sekolah salah satu indikatornya adalah mampu menguasahi keseluruhan cara-cara pengelolaan sekolah dan Kepsek dapat hadir sebagai leadirship diseluruh lingkungan sekolah.
Selain itu, juga dapat memahami organisasi sekolah, agar arahnya dapat merumuskan hal yang positif untuk sekolah yang di nahkodainya biar kedepannya semakin maju.
Kepala sekolah bisa bertanggung jawab penuh untuk merangsang perubahan di sekolah, misalnya kinerja guru, tata usaha sekolah, meningkatkan sumber daya manusia, menata sekolah dengan melengkapi fasilitas sekolahnya.
Utama dalam membentuk jaringan hubungan eksternal, guna menghasilkan gagasan, sumber daya, dukungan, atau informasi yang bermanfaat bagi kemajuan sekolah yang dipimpinnya.
Kepemimpinan Kepala sekolah adalah kunci bagi kesuksesan Kepala sekolah dalam mewujudkan sekolah yang bermutu.
Hal itu terbukti dan terlihat di sekolah SDN Duren Sawit 05 Pagi kecamatan Duren sawit Jakarta timur, Padahal baru beberapa minggu menjabat Kepala sekolah di SDN Duren Sawit 05 Pagi sudah mampu merubah perwajahan sekolah tersebut. Dan sekalingus memperingati acara hari sumpah pemuda dan upacara bersama yang dipimpin oleh Galang dari kmtibmas polsek duren sawit pada hari senin (29/10/2018).
Seperti yang dikatakan kepsek SDN Duren Sawit 05 Pagi Emjelina Simarmata S.pd. MM.“sejak sekolah ini berdiri sendiri dan mengelola dana bos kami mulai mengisi dengan bersihbersih dan menata lingkungan sekolah ,” tuturnya.
kebutuhan sekolah kami rapatkan dulu apa yang mau diprogramkan kedepanya kalau disetujui baru kita belanjakan dan itu harus trasparan kesemua dewan guru,” katanya.
“penataan halaman dan pagar, hal ini kami kawal bersama Pemerintah sampai benar-benar terealisasi karena takutnya nanti dilupa. Adapun yang jadi impian saya selama menjabat sebagai Kepala sekolah disini mau menata sekolah ini agar bisa lebih maju,” ucapnya.(AMIN)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>