Published On: Kam, Nov 1st, 2018

Remaja Putri 16 Tahun Bantu Pengungsi Imigran

 

Caption : Cassia Tandiono mendapatkan Penghargaan Pemuda 2018 untuk masalah pengungsian imigran di Jakarta. (Foto : Frans Doli – Lentera Indonesia)

Jakarta, lenteraindonesia.co.id

Wanita remaja putri berumur 16 tahun Cassia Tandiono telah membantu para pengungsi imigran yang ada di Jakarta. Maka itu pada malam penganugerahan Kabupaten atau Kota Layak Pemuda 2018 telah diberikan kepada sosok wanita seorang remaja putri yang satu ini masih sangat muda belia dari Provinsi DKI Jakarta yang sangat berprestasi di Tingkat Internasional di Gedung Balai Samudera Kelapa Gading Jakarta Utara pada tanggal 29 Oktober 2018 belum lama ini.
Untuk itu pada tahun 2017 lalu United Nations High Commisioner for Refugees (UNHCR) mendata jumlah pengungsi imigran diseluruh dunia mencapai angka 22.5 juta jiwa. Untuk itu dari jumlah tersebut sebanyak 14.000 pengungsi dengan mayoritas perempuan dan anak – anak yang masih berada dibawah usia terpaksa tinggal sementara di Indonesia dalam upaya pencarian suaka ke negara – negara maju.
Melihat hal ini sebagai salah satu pemudi Indonesia Cassia Tandiono yang baru berusia 16 tahun merasa terpanggil. Maka pada tanggal 3 November 2017 lalu Cassia kemudian berinisiatif mendirikan Gerakan Indonesia for Refugees. Adapun visi dari pada gerakan ini adalah untuk membantu para pengungsi imigran untuk hidup sejahtera beraktivitas selayaknya manusia normal dan melupakan label yang melucuti hak asasi mereka sebagai manusia seutuhnya. Maka itu gerakan ini berada dibawah naungan Yayasan Inisiatif Peduli Bangsa. Dimana gerakan Indonesia for Refugees berusaha mendorong semangat para pengungsi imigran melalui berbagai program edukasi dan kegiatan pemberdayaan diri yang positif.
Adapun program tersebut salah satunya lewat program Weave a Hope yang memberikan keterampilan menjahit kepada para pengungsi imigran agar dapat membuat pakaian dan tas yang nantinya dapat menunjang kesejahteraan hidup mereka. Kemarin September silam Cassia menggalang perhatian lebih besar dan mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk turut peduli dengan menyelenggarakan Refugees Art and Cultural Festival di Jakarta. Hal mana dalam perjuangannya Indonesia for Refugees juga bekerjasama dengan UNHCR Indonesia dalam hal penggalangan dana demi meningkatkan taraf hidup para pengungsi imigran yang ada di Indonesia.
Cassia berharap aksi kecilnya ini lewat Indonesia for Refugees dapat menghidupkan kembali secercah harapan dalam kehidupan yang lebih baik bagi para pengungsi imigran sekaligus mempersiapkan para pengungsi hingga nanti mendapatkan suakanya. (Frans Doli – Lentera Indonesia)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>