Published On: Rab, Nov 7th, 2018

Revitalisasi Pasar Bareng Menuju Pasar Seni


Kota Malang, lenteraindonesia.co.id

Sejak Tahun 2016 bangunan Pasar Bareng di wilayah Kecamatan Klojen Kota Malang telah di revitalisasi menjadi lebih baik. Bangunan tampak lebih bagus, rapi dan bersih. Pasar yang menjadi rujukan masyarakat sekitar kecamatan Klojen ini terus berbenah untuk menjadi lebih baik.

Dalam kesempatan wawancara, selasa (6/11/2018), Kepala Dinas Perdagangan Kota Malang menjelaskan mengenai Revitalisasi Pasar Bareng menuju Pasar Seni. “Pasar Bareng ini dibangun tiga lantai, dan lantai tiga dipakai untuk meramaikan pasar tradisional dibawahnya, maka dari diskusi dengan berbagai kelompok pedagang kerajinan seni, kami pergunakan lantai tiga sebagai pasar seni” ucap Wahyu.

“Selain penjualan barang-barang seni, di area tersebut juga akan dibuat program-program workshop mengenai pembuatan gerabah dan topeng untuk lebih mengedukasi masyarakat” tambah wahyu. Dalam rangka penataan Pasar Bareng menuju Pasar seni, telah dibuat site plan dengan komposisi 80 persen adalah pedagang seni dan 20 persen adalah pedagang kuliner untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

 

Selain pembuatan pasar seni di lantai tiga pasar bareng, dinas Perdagangan Pemkot Malang akan menyiapkan jaringan air, toilet, serta penunjang kebutuhan publik lainnya. Hal tersebut dilakukan supaya pengunjung nantinya akan lebih nyaman dan kegiatan di pasar bisa berjalan dengan produktif yang ujungnya perekonomian dapat berjalan dengan baik.

Tujuan dibangunnya Pasar seni ini selain menampung pedagang-pedagang seni yang tersebar, kelompok binaan Dinas Sosial dan Dinas Koperasi dan UMKM juga akan dilibatkan untuk meramaikan Pasar Bareng dengan pembuatan kerajinan topeng. Target Pembangunan pasar seni tahun 2018 harus selesai. Dan awal 2019 Kota Malang akan memiliki pasar seni.(M.yus.)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>