Published On: Kam, Nov 8th, 2018

Ketika Stres Mengganggu Kualitas Tidur, Lakukan 4 Tips Ini!

lenteraindonesia.co.idBukan hanya makan, tidur juga merupakan kegiatan yang penting dan harus dilakukan. Jika seseorang tidak cukup tidur, hal itu dapat menyebabkan masalah pada tubuh. Ketika kurang tidur, kondisi fisik dan mental akan menjadi lebih mudah lelah, kurang fokus dan tidak berenergi dalam menjalankan aktivitas apapun.

Namun, ternyata penelitian terbaru menyatakan bahwa bukan hanya kurang tidur saja yang dapat mengganggu aktivitas, tetapi juga kualitas tidur Anda. Pernahkah Anda susah untuk memejamkan mata di malam hari karena beban pikiran? Penyebanya tak lain adalah karena stres.

Tidur sangat penting, karena saat tidur tubuh dapat mengistirahatkan setelah kembali dari padatnya aktivitas. Tidur dapat membantu untuk menjaga fungsi otak, metabolisme tubuh dan kesehatan jantung. Tetapi masih banyak orang yang terbangun pada malam hari karena terlalu menghawatirkan hal yang akan terjadi keesokan hari.

“Kualitas tidur sama pentingnya dengan jumlah waktu tidur dan jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur yang berkualitas, Anda akan merasa lelah pada keesokannya. Tidak peduli berapa jam waktu tidur tersebut” jelas dr Ebrahim.

Menurut dr Irshaad Ebrahim, Direktur Medis dari London Sleep Centre, Inggris mengatakan setiap orang berbeda, begitu juga dengan jumlah waktu tidur mereka setiap malam. Rata-rata jumlah waktu tidur normal untuk orang dewasa sekira 7 hingga 8 jam dan untuk bayi lebih lama dari waktu orang dewasa. Melansir dari Thesun, Rabu (7/11/2018), berikut emoat tips yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan tidur berkualitas.

Menulis keluhan di buku harian

Ternyata bukan hanya anak-anak saja yang membutuhkan buku harian. Namun juga orang dewasa. Buku harian ternyata menjadi salah satu hal penting yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Bagaimana caranya?

Sebelum pergi tidur, sebaiknya Anda meluangkan sedikit waktu untuk menulis semua keluhan-keluhan yang membuat beban di pikiran Anda. Menulis keluhan di buku harian sebelum tidur dapat melepaskan stres pada otak dan membuat Anda lebih rileks dalam tidur.

Membaca buku

Membaca buku bukan hanya dapat menambah wawasan dan menjadi jembatan ilmu. Ternyata, membaca buku dapat berdampak baik pada kualitas tidur. Singkirkanlah sejenak laptop dan ponsel Anda 30 menit sebelum pergi tidur. Mulailah membaca buku atau novel kesukaan dan nikmatikan ‘me time’. Membaca buku dapat menghindarkan Anda untuk menonton televisi. Selamat mencoba!

Matikan lampu

Penting untuk beristirahat yang baik di malam hari untuk menunjang tubuh agar kembali fir beraktifitas keesokan harinya. Nah, walaupun terdengar sepele, ternyata mematikan lampu ketika tidur dapat membuat tidur Anda lebih nyenyak. Tidur dengan lampu mati alias gelap dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda terbebas dari depresi. Jauhkan perangkat apapun yang bersinar, seperti ponsel atau laptop Anda. Biarkan kamar tidur Anda dalam kondisi gelap dan rasakan manfaatnya.

Konsultasi pada apoteker

Tak perlu ditanyakan lagi bahwa Insomnia dapat memiliki efek merugikan pada kehidupan Anda sehari-hari. Menurut dr Ebrahim masalah insomnia dapat membaik setelah berkonsultasi dengan apoteker.

“Mereka adalah seorang profesional dalam bidang perawatan kesehatan yang sudah terlatih. Mereka dapat menawarkan saran ahli dan merekomendasikan bantuan untuk membantu Anda mendapatkan tidur malam yang nyenyak dan tidur berkualitas,” katanya. (Red)

 

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>