• Jelajahi

    Copyright © LenteraIndonesia.co.id - portal berita indonesia dan dunia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Lentera Indonesia

    Iklan


    INNER POST ADS

    Parade Surabaya Juang Lolos Karisma Event Nusantara 2024 Kemenparekraf RI

    SEO
    Sabtu, 03 Februari 2024, 2/03/2024 WIB Last Updated 2024-02-03T03:07:06Z
    www.domainesia.com

     

    Lentera Indonesia || Surabaya - Setelah Festival Rujak Uleg, kini Parade Surabaya Juang yang merupakan agenda rutin tahunan yang biasa digelar oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya, resmi lolos ke dalam 110 daftar pagelaran unggulan Karisma Event Nusantara (KEN) 2024 milik Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia (RI).

    Launching Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024 ini telah berlangsung di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada 27 Januari 2024 lalu. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) RI Sandiaga Uno pun telah meresmikan kalender event tahunan nasional yang digagas oleh Kemenparekraf RI ini. 

    KEN sendiri merupakan salah satu upaya strategis kolaborasi antara Pemerintah Indonesia melalui Kemenparekraf RI bersama pemerintah daerah, dan seluruh stakeholder pariwisata untuk mempromosikan pariwisata melalui kegiatan (event) untuk meningkatkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. 

    Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya, Hidayat Syah mengatakan bahwa Kota Surabaya kembali ikut berpartisipasi dalam Karisma Event Nusantara 2024. Sebanyak 110 event dari berbagai daerah di Indonesia dinyatakan lolos kurasi setelah melalui proses panjang dari tingkat kota/kabupaten, tingkat provinsi hingga menembus level nasional.

    “Parade Surabaya Juang, event rutin tahunan sebagai peringatan Hari Pahlawan kali ini lolos sebagai salah satu event di KEN 2024,” kata Hidayat Syah, Kamis (1/2/2024).

    Seleksi panjang ini dimulai pada bulan September 2023. Kota Surabaya salah satunya mengajukan event Parade Surabaya Juang dalam rangkaian Surabaya Heroic Days yang dipresentasikan di depan dewan juri yang terdiri dari profesional dan akademisi pada tahap seleksi tingkat provinsi.

    Setelah melalui proses kurasi tingkat provinsi, event Parade Surabaya Juang lolos kurasi untuk diajukan ke kementerian dengan dewan juri profesional dan praktisi event berpengalaman.

    “Parade Surabaya Juang merupakan event identitas dari Kota Surabaya sebagai Kota Pahlawan. Pertempuran dan semangat heroisme dari arek-arek Suroboyo saat itu dapat menjadi teladan pada generasi saat ini. Event yang kita ajukan merupakan sebuah rangkaian kegiatan memperingati hari Pahlawan yang bukan hanya kegiatan parade sebagai puncaknya, melainkan juga pre-event lain yang melibatkan berbagai pelaku ekonomi kreatif di Surabaya,” tegasnya.

    Ia menjelaskan bahwa Parade Surabaya Juang biasa digelar saat menyambut Hari Pahlawan itu, hanya ada di Kota Surabaya. Kegiatan pawai ini mengisahkan perjuangan arek-arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Bahkan, para pelajar, mahasiswa, seniman, komunitas, dan masyarakat Kota Pahlawan turut memeriahkan gelaran tersebut.

    Pertunjukan teatrikal, semangat parade perjuangan, hiburan tampilan kesenian musik, video mapping, dan tampilan baru yang menarik siap menghibur penonton yang menyaksikan. 

    “Dan ini menjadi pertama kalinya Parade Surabaya Juang menjadi agenda nasional. Serta, menjadi sejarah untuk Kota Surabaya selama dua tahun berturut-turut tampil dalam agenda nasional dalam Karisma Event Nusantara. Yakni, Festival Rujak Uleg di tahun 2023, dan kali ini Parade Surabaya Juang di tahun 2024,” pungkasnya.

    Penulis : Kib 

    Komentar

    Tampilkan

    Berita Terbaru

    Laporan-Masyarakat

    +