• Jelajahi

    Copyright © LenteraIndonesia.co.id - portal berita indonesia dan dunia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    INNER POST ADS

    Pastikan Keselamatan Penumpang dan Pengguna Jalan. Dishub Kabupaten Pasuruan Gelar Ramp Check

    ReD
    Kamis, 04 April 2024, 4/04/2024 WIB Last Updated 2024-04-04T10:01:57Z
    www.domainesia.com
    lentera-indonesia

    LenteraIndonesia.co.id || Pasuruan,- Sebagai bagian dari persiapan moda transportasi darat selama mudik lebaran 1445 Hijriyah, Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan bersama Satlantas Polres Pasuruan menggelar “ramp check” di Terminal Tipe A Pandaan, Selasa (2/4/2024) siang.


    Pantauan di lapangan, setiap bus yang transit di Terminal Pandaan diminta untuk berhenti. Selanjutnya petugas melakukan pengecekan pada fisik kendaraan. Termasuk kelengkapan yang ada di masing-masing bus, mulai dari kaca spion, ban, rem dll


    Selama dua jam lamanya, ramp check selesai dilakukan. Hasilnya, petugas menemukan ban kendaraan yang sudah tidak layak, dalam artian ban sudah tipis dengan ditandai banyak keretakan di kulit ban.


    Selain itu, petugas juga menemukan kaca spion salah satu bus yang retak, dan masih adanya bus yang memasang klakson telolet.


    Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Pasuruan, Eka Wara Brehaspati mengatakan, tujuan digelarnya ramp check tak lain untuk memastikan keselamatan penumpang dan kesiapan kendaraan bus yang akan mengangkut para pemudik.


    “Yang ingin kami tekankan adalah keselamatan penumpang dan pengguna jalan. Kalau ternyata di jalan terjadi kecelakaan, imbasnya bukan hanya penumpang saja. Melainkan pengguna lain yang menjadi korban,” katanya.


    Dijelaskan Eka, ramp check oleh para petugas tidak hanya dalam bentuk pemeriksaan teknis laik jalan kendaraan. Melainkan juga dokumen trayek oleh Personel Dishub Kabupaten Pasuruan.


    Ia bersyukur, rata-rata seluruh bus dilengkapi dengan dokumen trayek yang jelas dan fisik kendaraan yang lumayan bagus.


    “Alhamdulillah banyak yang sadar. Tapi ada juga yang lalai, sehingga kami tegur dan beri peringatan agar tidak mengulangi kesalahannya lagi,” tegasnya.


    Sementara itu, Kanit Gakkum Satlantas Polres Pasuruan, Iptu Akhmad Khunaefi menambahkan, total ada dua bus yang masih ditemukan melanggar.


    Sebagai konsekuensinya, pihaknya memberikan surat peringatan yang ditanda tangani secara tertulis oleh supir itu sendiri.


    “Langsung kami beri surat peringatan supaya next nya lagi tidak diulangi,” tegasnya.


    Editor : Punk

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    Laporan-Masyarakat

    +