Indonesia Tidak Dijajah 350 Tahun

0
46

Disebelah kiri JJ Rizal
Mensosialisasikan Sejarah Lewat Buku Dan Diskusi Cerdas Komunitas SUKUN DI Jakarta. (Foto : Frans Doli – Lentera Indonesia)


Jakarta, Lentera Indonesia
Dimana Indonesia pernah dijajah oleh bangsa asing seperti Jepang dan Belanda. Didalam sejarah Indonesia dikatakan Indonesia itu pernah dijajah selama 350 tahun oleh Belanda. Ternyata hal itu Indonesia tidak pernah dijajah 350 tahun oleh negara asing. Hal itu diungkapkan Sejarawan Indonesia JJ Rizal kepada Lentera Indonesia baru – baru ini di Jakarta.
Dikatakan Sejarawan JJ Rizal, penjelasan tentang Indonesia tidak dijajah 350 tahun dari sejarawan yang punya basis diahli hukum Internasional J Resink dan mulai menantang, koreksi pertanyaan sejarah 350 tahun.
Selanjutnya, dimana sejak tahun 1950 an karena dia memiliki data – data hukum Internasional yang bisa menjelaskan bahwa ada hubungan diplomatik sampai pada awal abad 20 bahkan Pemerintah Hindia Belanda harus banyak sekali aturannya kata ekstradisi orang asing negara merdeka, ungkapnya.
Dijelaskan JJ Rizal, pada tahun 1852 bahkan pemerintah kolonial itu aturan yang menjelaskan hubungan jenderal berhak melakukan perjanjian dengan raja – raja di Nusantara maupun perang (1850) masih ada negara – negara merdeka bahkan ditahun 1904 lembaga Abel Denon Direktur Pendidikan Tanah Jajahan bilang Selat Sunda, Selat Bali, Selat Madura itu kawasan lautan internasional bahkan dibawah kekuasaan Belanda.
Kemudian lagi, contohnya, ada seorang penyelundup senjata dari Singapura itu tetangkap di Indragiri itu harus di ekstradisi oleh Kerajaan Riau Batavia karena ternyata tidak bisa disidang. Hal ini diawal abad 20 artinya tahun 1900, ujarnya.
Kata JJ Rizal, Resink itu mau bilang tidak mencerminkan kenyataan tidak faktual belum lagi ditinjau dari segi sejarah peperangan. Tidak ada kata yang dijajah selama 350 tahun. Bagaimana Soekarno menggunakan sejarah dimasa yang kritis pada awal kemerdekaan. Dimana hal itu Sekutu yang memboncengi Belanda itu ingin menjajah kembali Indonesia.
Maka sementara itu kita tidak mempunyai tentara jadi yang membelai itu rakyat bagaimana membangkitkan emosi rakyat supaya mau untuk bergerak melakukan lawan persenjataan canggih dan mempertahankan wilayah Republik Indonesia. Bahkan Bung Karno membangkitkan emosi mereka dengan bilang “Masa Kita Mau Dijajah Selama 350 tahun”. Dimana 350 tahun itu tidak perlu harus dihitung karena hitungan itu keliru. Tidak ada yang dijajah selama 350 tahun, tandasnya. (Frans Doli – Lentera Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here