Pelari Pemula Pelajari 5 Tips Ini Biar Makin Betah Olahraga

0
45

OLAHRAGA lari memang tengah menjadi gaya hidup kalangan remaja. Selain meningkatkan kebugaran tubuh, berlari bisa membuat hidup lebih bahagia lho.

Banyak studi menyebutkan bahwa lari merupakan salah satu aktivitas fisik yang meningkatkan endorfin. Hormon ini secara alami dapat menimbulkan perasaan bahagia dalam diri seseorang.

Terlebih, saat melakukan olahraga lari fungsi otak jadi berkembang lebih optimal. Termasuk yang paling penting adalah prefontal korteks atau otak bagian depan.

Medical Expert dr Sandi Perutama Gani menjelaskan, saat memasuki usia remaja, otak bagian depan harus berkembang dengan baik. Karena itu berperan membantu meningkatkan kecerdasan otak, kemampuan mengambil keputusan, mengembangkan kepribadian, sampai kemampuan bersosialisasi.

“Kalau mau berkembang sempurna, prefrontal korteks butuh endorfin, yang membuat perasaan lebih senang. Salah satu caranya ya olahraga lari misalnya,” ujar dr Sandi di sela Peluncuran Combi Run Academy 2019 di FX Sudirman, Jakarta, Selasa (29/1/2019).

Untuk memulai olahraga lari, sebut dr Sandi, sebenarnya sangat mudah. Pertama yang harus ada di dalam diri masing-masing adalah niatnya dan kecintaan terhadap lari.

Kalau tidak senang menjalaninya, bagaimana bisa melakukannya dengan senang hati. Apalagi lari adalah salah satu olahraga kardio yang membuat seseorang mudah lelah, khususnya bagi para pemula.

Nah, pada kesempatan itu, Founder IndoRunners Yasha Chatab membeberkan tips memulai olahraga lari bagi para pemula. Seperti apa saja itu?

1. Senangi dulu jenis olahraganya

Setiap orang yang melakukan aktivitas apapun dengan senang hati, termasuk lari pasti punya niat untuk menjalaninya. Maka itu, perlahan-lahan cintai olahraga lari dari lubuk hati yang paling dalam. Setelah itu, lakukan trik yang lainnya untuk membangkitkan semangat berlari.

2. Bangkitkan semangat

Banyak cara yang bisa membangkitkan semangat orang dalam memulai lari. Misalnya, dengan membeli ragam aksesoris atau sepatu lari untuk memudahkan gerakan Anda. Setelah itu, perlahan-lahan latihan di tempat yang nyaman setiap hari.

3. Jangan forsir diri

Kalau mau nyaman berlari, kuncinya jangan forsir diri sendiri. Untuk pemula race lari yang sering dipilih adalah 5K. Tapi ketika baru pertama kali latihan, taklukkan satu per satu race-nya setiap hari.

4. Rutin latihan

Latihan rutin berlari sangat ideal dilakukan setiap hari. Paling tidak berlarinya sekira 20-30 menit sampai terbiasa. Kalau sudah, praktikkan terus olahraga ini sampai mengikuti ajang lari marathon bergengsi.

5. Cari teman untuk lari

Jangan anggap olahraga lari itu beratnya. Trik lainnya adalah mencari teman yang sama-sama hobi lari. Di sepanjang race, Anda bisa lari sambil mengobrol di lintasan lari. Percaya deh, olahraga akan lebih menyenangkan dan membuat Anda ketagihan. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here