Penandatanganan Kerjasama PT Bukit Asam Tbk, PT Pertamina dan Air Products

0
29

JAKARTA, Lentera Indonesia

        PT Bukit Asam Tbk (PTBA), PT Pertamina (Persero) dan Air Products and Chemical Inc menandatangani Pokok – Pokok Perjanjian Pembentukan Perusahaan Patungan Hilirisasi Mulut Tambang Batubara  PTBA Peranap Riau. Adapun penandatanganan ini dilakukan oleh Direktur Utama PTBA Arviyan Arifin, Direktur Utama Pertamina Nicke Widyasari dan Chairman President dan CEO Air Products and Chemicals Inc Seifi Ghasemi yang disaksikan Menteri BUMN Republik Indonesia Rini Soemarno. Hal ini disampaikan Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin kepada Lentera Indonesia baru – baru ini di Jakarta.

        Dikatakan Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk Arviyan Arifin, penandatanganan ini merupakan kelanjutan dari Nota Kesepahaman kerjasama hilirisasi batubara menjadi dimethylether (DME) yang dilakukan oleh ketiga perusahaan ini pada tanggal 7 November 2018 lalu di Allentown Amerika Serikat.

        Melalui perjanjian ini, sambungnya, PTBA, Pertamina dan Air Products bersepakat untuk mendirikan perusahaan patungan yang bergerak dibidang bisnis pengolahan batubara dan produk turunan batubara. Sebelum pembentukan perusahaan PTBA, Pertamina dan Air Products akan melalukan studi kelayakan bisnis dan komersial terlebih dahulu.

        Maka itu melalui teknologi gasifikasi batubara akan diubah menjadi syngas yang kemudian akan diproses kembali menjadi produk air (jadi). Rencananya pabrik hilirisasi batubara ini akan dibangun di Peranap Riau, tuturnya.

        Untuk itu nantinya kata Arviyan Arifin, PTBA akan menyuplai batubara dari area tambang Peranap ke perusahaan patungan untuk diolah menjadi produk akhir yang akan dibeli oleh Pertamina. Sementara itu optimasi desain teknologi pengolahan akan  dilakukan oleh Air Products and Chemicals Inc, tandasnya. (Frans Doli – Lentera Indonesia)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here