Published On: Sab, Des 16th, 2017

KP Bittern – 3016 Tangkap Kapal Bermuatan BBM Ilegal Di Dumai

Jakarta, Lentera Indonesia

Korps Kepolisian Perairan dan Udara Baharkam Polri (Korpolairud) mengamankan sebuah kapal motor yang memuat puluhan drum bahan bakar minyak (BBM) jenis Premium.

Kapal ini ditangkap saat Kapal Polisi (KP) Bittern – 3016 melakukan operasi patroli rutin di Perairan Dumai, pada Jumat (15/12/2017) malam.

“Penangkapan bermula saat KP Bittern – 3016 melaksanakan patroli rutin di wilayah perairan Dumai yang merupakan bagian dari Tugas Pokok Polairud.

Pada saat melaksanakan patroli di posisi 01°41’000″N – 101°38’126″T di perairan Dumai sekitar pukul 19.00 WIB , petugas memergoki sebuah kapal motor bernama KM Surya Mas dengan GT 30 yang memuat puluhan drum yang diduga berisi BBM ilegal,” ungkap Pejabat PID Korpolairud Kompol Sherly Anggraini, Sabtu (16/12/2017) kepada LI.

KP Bittern – 3016 yang dikomandani Ipda Darmadi ini langsung meminta kapal motor tersebut berhenti. Kemudian petugas memeriksa kapal tersebut.

Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan bahwa KM. Surya Mas tidak memiliki dokumen yang sah dan membawa Bahan Bakar Minyak ( BBM ) Jenis Premium sebanyak 20 KL secara ilegal.

Kapal motor tersebut dinakhodai Umar beserta 3 ABK. Diduga Premium tersebut akan dijual kembali oleh pemiliknya tapi tanpa dilengkapi dokumen yang sah.

“Keseluruhan Premium tersebut diduga didapatkan secara ilegal oleh pemiliknya. Namun pengangkutan dan niaga yang dilakukan tidak dilengkapi dengan izin usaha sesuai ketentuan pemerintah,” ungkap Sherly

Selanjutnya, kapal yang membawa tiga anak buah kapal (ABK) beserta Premium dan nakhoda kapal dibawa ke Subdit Gakkum Polair Tes Dumai. Kasus ini ditangani oleh Direktorat Polisi Air Polda Kepulauan Riau. (Kalaus/BS)

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>