
LenteraIndonesia.co.id || Ponorogo, - Di tengah arus modernisasi pendidikan yang kerap menitikberatkan angka dan standar, SMAN 3 Ponorogo tampil berbeda. Di balik transformasi sekolah ini, berdiri sosok pemimpin inspiratif: Dr. Sasmito Pribadi, M.Pd, kepala sekolah yang menanamkan nilai-nilai kemanusiaan dalam setiap kebijakan dan langkah strategis , 19 -05 - 2025
Berpengalaman panjang di dunia pendidikan, Dr. Sasmito membawa visi besar: menjadikan sekolah sebagai ruang tumbuh yang bukan hanya mencetak prestasi, tapi juga membentuk kepribadian dan jiwa sosial siswa. “Sekolah harus menjadi rumah kedua yang memanusiakan. Di sinilah karakter, empati, dan kreativitas harus bertumbuh,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/5/2025).
Visi tersebut tidak hanya berhenti sebagai wacana. Setiap hari, Dr. Sasmito berdiri di gerbang sekolah menyambut para siswa dengan senyum dan sapaan hangat. Ia terlibat aktif dalam kehidupan sekolah — dari diskusi OSIS, mendampingi lomba siswa hingga ikut latihan ekstrakurikuler. “Beliau bukan sekadar kepala sekolah, tapi juga mentor dan teladan,” ujar salah satu siswi kelas XI.
Kepemimpinan Dr. Sasmito dikenal mengedepankan pendekatan dialogis dan empatik, dua hal yang kini menjadi budaya di SMAN 3 Ponorogo. Ia tidak hanya mendorong inovasi pembelajaran, tapi juga menguatkan hubungan emosional antara guru, siswa, dan orang tua. Ia pun aktif membina guru agar adaptif terhadap perkembangan zaman tanpa meninggalkan nilai-nilai kemanusiaan.
Di bawah arahannya, SMAN 3 Ponorogo berkembang pesat — baik secara akademik maupun kultural. Program literasi tumbuh subur, kegiatan kewirausahaan siswa bergeliat, dan gerakan sosial menjadi bagian dari pembelajaran sehari-hari. Sekolah ini pun semakin dikenal sebagai institusi yang mencetak lulusan dengan integritas dan kepedulian.
“Keberhasilan sekolah bukan diukur dari peringkat semata. Tapi dari seberapa besar ia memberi makna dan bekal hidup bagi para siswanya,” tutur Dr. Sasmito dengan nada mantap.
Dr. Sasmito Pribadi, M.Pd bukan sekadar administrator pendidikan. Ia adalah arsitek perubahan, pemimpin yang membuktikan bahwa esensi pendidikan sejati lahir dari keikhlasan, keteladanan, dan dedikasi jangka panjang untuk membangun masa depan generasi bangsa.
Editor : Hsn