• Jelajahi

    Copyright © LenteraIndonesia.co.id - portal berita indonesia dan dunia
    Best Viral Premium Blogger Templates

    INNER POST ADS

    KKP RI Jadikan Kabupaten Pasuruan Model Kawasan Budidaya Nila Salin

    ReD
    Jumat, 10 Mei 2024, 5/10/2024 WIB Last Updated 2024-05-10T01:44:25Z
    www.domainesia.com
    lentera-indonesia

    LenteraIndonesia.co.id || Pasuruan,- Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP RI) menjadikan Kabupaten Pasuruan sebagai salah satu model kawasan tambak budi daya ikan nila salin di Indonesia.


    Hal tersebut disampaikan oleh Pj Bupati Pasuruan, Andriyanto usai menghadiri peresmian model kawasan tambak budi daya ikan nila salin di Balai Layanan Usaha Produksi Perikanan Budidaya (BLUPPB) Desa Pusakajaya Utara, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, Rabu (8/5/2024).


    Menurutnya, di sepanjang pantai utara Jawa (pantura), termasuk di Kabupaten Pasuruan, masih banyak tambak yang tidak dimanfaatkan dalam kurun waktu yang cukup lama.


    Salah satunya adalah tambak udang. Maka dari itu, modeling Kawasan Tambak Budidaya nila salin harus segera dibangun untuk mendukung ekspor nila salin secara besar-besaran.


    “Sesuai arahan bapak Presiden. Maka mengalihfungsikan tambak udang yang sudah tidak produktif menjadi tambak ikan nila. Itulah kata kuncinya,” katanya.


    Untuk Kabupaten Pasuruan sendiri, dipilihlah Kecamatan Bangil dan Rejoso sebagai lokasi sasaran program. Terdiri dari 589 hektar yang tersebar di tiga desa yakni di Kelurahan Kalianyar, Raci dan Desa Tambakan. Selain itu, 49 hektar lainnya tersebar di Desa Jarangan, Kecamatan Rejoso.


    Kata Andriyanto, untuk mengembangkan model kawasan tambak budi daya ikan nila salin ini, para petani tak perlu bingung. Sebab seluruhnya difasilitasi oleh negara. Diantaranya pembangunan sarana prasarana model tambak, jalan, listrik, peralatan , benih dan pakan


    “Semuanya gratis karena sepenuhnya dibiayai pemerintah full. Mulai dari benih dan pakan, sarana prasarana model tambak dan lainnya” ucapnya.


    Selain Kabupaten Pasuruan, modeling Kawasan Tambak Budidaya Nila Salin yang diresmikan Presiden Joko Widodo juga akan dipublikasikan oleh KKP RI dalam program Revitalisasi Tambak Pantura Jawa yg tersebar di 28 Kabupaten/kota se-Pantura Jawa.


    Editor : Punk

    Komentar

    Tampilkan

    BERITA TERBARU

    Laporan-Masyarakat

    +